Selasa, 05 Juli 2011

Beribadah di Mesjid Nurul Bahari


Mesjid ini mulai dibangun pada tanggal 1 Muharram 1300 H (1879 M) yang diprakarsai oleh Syekh Muhammad Jamil, seorang ulama yang termasyhur pada masa itu. Mesjid ini merupakan mesjid batu pertama di Pariaman dan dibangun dengan kekuasaan dan kekuatan anak nagari pasar Pariaman sendiri.
Mesjid ini berdiri berkat kepemimpinan S.M. Jamil dalam membina persatuan dan kesepakatan anak nagari pada masa itu. Dari mesjid ini syiarnya agama Islam ke seluruh penjuru negeri.

Mesjid nurul bahari merupakan mesjid yang paling dekat dengan pantai gandoriah. Mesjid ini sangat luas dan nyaman. Terkadang banyak parawisatawan yang tidur-tidur di teras mesjid ini seusai sholat dan beraktivitas menjelajahi pantai gandoriah. Terkadang banyak juga anak sekolahan, para pedagang dan dan PNS sholat di Mesjid ini karena lokasinya yang sangat strategis dan bangunannya yang begitu megah. Mesjid ini memiliki sebuah menara yang berdiri megah. Mesjid ini juga sangat kokoh karena pasca gempa 30 september kemarin, mesjid ini tidak mengalami kerusakan yang parah seperti kebanyakan mesjid-mesjid yang ada di sekitar ilayah kota Pariaman.       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar