Selasa, 05 Juli 2011

Mayoritas Penduduk Kota pariaman


Mayoritas penduduk kota Pariaman adalah islam karena didominasi oleh etnis minangkabau sehingga tempat wisata dan tradisi-tradisinya biasanya berhubungan dengan acara untuk memperingati hari besar islam atau sesuatu yang berhubungan dengan agama islam. Kota Pariaman didominasi oleh etnis minangkabau karena etnis minangkabau merupakan etnis terbesar di sumatera barat yang menyebar ke seluruh wilayah di daratan utama.
Tradisi-tradisi yang melambangkan bahwa kota Pariaman mayoritas penduduknya islam adalah tradisi malamang, tabuik, makan bajamba,basyafa dll. Dan tempat wisata yang melambangkan bahwa kota Pariaman mayoritas penduduknya islam adalah surau anso duo yang dibangun dipulau anso. Pulau ini sangat ramai dikunjungi oleh masyarakat kota Pariaman di saat bulan ramadahan dan hari raya idul fitri.
Orang Minangkabau sangat menonjol dibidang perniagaan, sebagai profesional dan intelektual. Mereka merupakan pewaris terhormat dari tradisi tua Kerajaan Melayu dan Sriwijaya yang gemar berdagang dan dinamis. Hampir separuh jumlah keseluruhan anggota masyarakat ini berada dalam perantauan. Minang perantauan pada umumnya bermukim di kota-kota besar, seperti Jakarta, Bandung, Pekanbaru, Medan, Batam, Palembang, dan Surabaya. Di luar wilayah Indonesia, etnis Minang banyak terdapat di Negeri Sembilan, Malaysia dan Singapura.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar