Selasa, 05 Juli 2011

Makanan Khas Pariaman Nan Sederhana

Pariaman sangat terkenal dengan tradisi tahuananya yaitu tabuik. Selain itu Pariaman juga sangat dikenal karena kulinernya yang khas yaitu sala lauak.
Sala lauak merupakan gorengan sebesar bola pimpong berwarna kuning kunyit. Tersusun atas tepung beras, cabe, kunyit, bawang-bawangan, garam, serta ikan asin. Rasa ikan asin yang terdapat dalam gumpalan tepung yang dibumbui inilah yang membuat 'sala' itu bernama Sala Lauak. Walaupun bentuknya sederhana tapi rasanya sanggat mengugah selera.
Sala lauak Pariaman sudah lama terkenal. Walaupun di kota yang berdekatan dengan Pariaman seperti padang juga menyediakan makanan ini namun tidak mampu menyaingi rasa kuliner Pariaman ini. Tidak lengkap rasanya jika kita berkunjung ke kawasan ini jika tidak mencicipi sala lauak dan membawanya untuk  keluarga dirumah.
Tak hanya sala lauak yang menjadi makanan khas Pariaman, tetapi masih banyak makanan lainnya. Seperti sala udang, sala kapitiang, ketupek gulai paku, kacimuih, lamang sipuluik, onde-onde, lompong sagu, dan jenis makanan lainnya.
Makanan khas ini akan dengan sangat mudah kita temukan di Pariaman.
Jika anda penasaran silahkan datang saja ke kotaku Pariaman.

Ambo tunggu yo.......!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar